1. Skip to Main Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer
Last Updated:Friday 25 April 2014, 06:27

Komunitas Sahabat Anak Rangkul Anak Jalanan Usia Sekolah

Written by  Administrator 14 February 2013 Published in Berita

JAKARTA– Pengurus Yayasan Komunitas Sahabat Anak Alles Saragi di Jakarta, mengatakan anak jalanan harus mendapat pendidikan yang layak supaya mereka memiliki harapan agar bisa mencapai masa depan yang lebih baik.

Banyak anak jalanan putus sekolah, bahkan tidak bisa membaca, menulis dan berhitung. “Banyak anak jalanan tidak dapat melanjutkan ke sekolah formal setelah putus sekolah. Di yayasan ini mereka berkesempatan mendapatkan pendidikan informal,” kata Alles.

 

Menurut dia, anak jalanan yang putus sekolah diajarkan kemampuan dasar yang sama dengan yang diperoleh anak-anak beruntung lainnya di sekolah formal seperti baca, menulis dan berhitung. Bagi anak jalanan yang masih bersekolah, mereka dibimbing dalam mengerjakan pekerjaan rumah, persiapan ujian dan mengulang pelajaran.

 

“Bagi anak jalanan yang putus sekolah, kami mendirikan Pusat Kegiatan Anak (PKA), yaitu sekolah nonformal yang membekali mereka dengan pelajaran umum, pengembangan karakter, serta keterampilan,” kata Alles.

 

Alles berpendapat, pembekalan keterampilan dan pengembangan karakter berguna untuk menaikkan rasa percaya diri serta sebagai modal masa depan mereka. “Anak-anak juga diberikan pelajaran keterampilan desain grafis, servis pendingin ruangan, terapi, memasak dan tata rias. Kami baru saja membuka usaha reparasi pendingin ruangan yang menjadi wadah untuk menjalankan keterampilan mereka,” katanya.

 

Sumber : harianterbit.com

 

 

Pengunjung Online

We have 16 guests online

Kolom Iklan